Siapa dan Amalan Apa yang Paling Dicintai Allah. Ustadz Abdullah Zaen MA

“Siapa dan Amalan Apa yang Paling Dicintai Allah” Membahagiakan hati orang lain itu, mendapatkan pahala. Itu ada dalilnya enggak ustadz? Ada dalilnya… ya… Hadits nya panjang, saya akan bawakan semuanya, haditsnya, karena hadits ini, jarang kita dengar. Ya… Jarang kita dengar. Yaitu… Sebuah Hadits yang dituturkan oleh Ibnu Umar Radhiallahu ‘anhuma Beliau berceritera… Pada suatu hari, ada seorang datang kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan dia bertanya kepada Nabi. Pertanyaannya: Ya…Rasullulloh, wahai Rasul, Wahai Rosul, siapa sih, orang yang paling dicintai sama Allah? Pikirannya itu jauh kedepan. Aku itu pingin di cintai sama Allah Bahkan bukan cuman dicintai oleh Allah, Aku itu pingin dicintai, paling dicintai sama Allah. Siapa wahai Rasul gerangan, orang yang paling di cintai sama Allah. Ternyata pertanyaannya nggak berhenti disitu Dia berkata: Wahai Rasul, pertanyaan berikutnya Amalan apa sih yang paling dicintai sama Allah? Berapa pertanyaan? Dua… Yang pertama tanya…? Siapa…. Yang kedua…Apa. Dan ini, yang bertanya ini pinter nih…. Nggak cuman tanya orangnya saja, amalannya apa wahai Rosul… Maka kemudian Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika mendengar pertanyaan tersebut, beliau jawab Manusia yang paling dicintai oleh Allah Siapa kira-kira..? Yang rajin Tahajud-nya? Yang paling rajin sholat Duha-nya? Apa kira-kira? Yang paling dicintai sama Allah itu adalah orang yang paling bisa memberikan manfaat untuk orang lain.

Alias bukan orang-orang yang egois. Orang yang memikirkan kepentingannya orang banyak. Itulah orang yang paling dicintai sama Allah. Dan hal-hal hadits yang seperti ini apalagi di zaman kita ini, perlu sering di ulang-ulang. apalagi orang di zaman kita ini, cenderung individualis. Orang yang paling dicintai Allah, adalah orang yang paling bisa memberikan manfaat sama orang lain. Apa tadi pertanyaan kedua? Amalan yang paling dicintai oleh Allah. Inilah yang akan… yang perlu kita garis bawahi, kaitannya dengan masalah pemasukan rasa gembira kepada orang lain.

Kemudian Nabi kita shallallahu ‘alaihi wa sallam melanjutkan.. Adapun amalan yang paling di cintai oleh Allah Rasa bahagia Rasa bahagia yang engkau masukkan ke hatinya seorang muslim. Membahagiakan orang. Amalan yang paling di cintai oleh Allah swt membuat orang lain bahagia Wahai orang-orang yang menginginkan kebahagiaan. Itulah amalan yang dicintai dan paling dicintai oleh Allah swt.

As found on Youtube